Monday, August 8, 2016

Rahasia di Windows 10 yang tidak kamu ketahui sebelumnya

Kini Windows 10 telah populer dan banyak digunakan didunia. Sistem operasi teranyar yang mulai diperhitungkan sejak pertama kali peluncurannya. Dengan kecepatan start awal yang mumpuni, sampai dengan kompatibilitas dengan layar sentuh dan banyak fitur lainnya.

Windows 10 logo
Ada beberapa fitur rahasia yang kamu belum ketahui sebelumnya, yuk cekidot!

1. Fitur tersembunyi Godmode
Namanya "Godmode" yang artinya mode dewa, fitur ini memungkinkan untuk memunculkan seluruh akses ke panel kontrol di hampir semua settingan windows. Mirip dengan setting pada smartphone android.


Untuk mengaktifkannya, cukup dengan membuat folder baru, dan menamainya ulang dengan kode berikut ini (bisa di copy paste).

GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}

fitur godmode

2. Task View dan Desktop Virtual
Virtual desktop adalah layar desktop maya yang dapat memperluas desktop menjadi beberapa bagian. Fitur yang sebelumnya telah dimiliki Mac OS X dan Linux, kini dimiliki Windows 10. Ini memungkinkan kamu mempermudah pekerjaan, seperti mengirim email sedangkan window pada desktop satunya browsing Facebook atau Twitter.

Untuk mengaktifkan fitur ini klik ikon Task View pada taskbar, berada di samping kanan kotak pencarian. Atau bisa juga dengan menahan tombol Windows dan Tab. Kamu juga dapat menarik dan menjatuhkan aplikasi ke desktop virtual dengan menjatuhkan ke icon +New Desktop di sebelah kanan bawah.

virtual desktop

3. Mengontrol setingan Privasi
Saat pertama melakukan setting Windows 10 pilihlah custom install jadi nantinya kamu akan dapat mengubah settingan Privasi ketimbang langsung dengan menggunakan Express Install. Jika sudah terlanjur menginstall jangan khawatir karena kamu dapat merubahnya di bagian setting.

4. Dapat mengubah layar Desktop menjadi lebih gaya
Windows 10 mengizinkan kamu untuk melakukan personalisasi lanjutan lebih baik daripada terdahulu. Dapat dilakukan melalui Start>Setting>Personalization>Colors dan pilihlah "Show color on taskbar and Start Menu". Kamu juga dapat mengubah secara otomatis dari Wallpaper dan melakukannya juga dengan Icon dan Aplikasi, begitu juga dengan pilihan Start Menu translucent dapat dimatikan.

5. Print ke format PDF
Jikala di windows versi sebelumnya kita harus menambahkan fitur ini, namun sekarang tidak lagi karena sudah ada langsung Cetak ke bentuk PDF tanpa ada penambahan aplikasi lainnya.

6. Windows Update terjadwal
Fitur ini untuk menghindari adanya update yang datang secara tiba-tiba sehingga dapat menghabiskan bandwidth kuota internet kamu. Dengan adanya fitur ini tentunya update windows tidak menjadi masalah lagi. Fitur ini dapat diakses melalui Start>Settings>Updates and Recovery>Windows Update. 

7. Menjalankan di VM (Mesin Virtual)
Jika kamu ingin menginstall di Windows sebelumnya namun kamu tidak ingin menghapus Windows yang sudah ada, kamu dapat melakukannya di Virtual Machine tanpa mengganggu windows kamu. Bertujuan apabila kamu ingin mencoba dahulu sebelum migrasi langsung. Catatan, ini akan memvirtualisasikan seluruh OS didalam OS yang sudah ada.

8. Windows Explorer tab Home dan Akses Cepat (Quick Access)
Kali ini Windows Explorer akan berfungsi lebih baik lagi, berkat adanya tab Home (gambar dibawah). Dengan adanya fitur ini maka mengcopy akan lebih mudah lagi. Jika kamu melihat ke sebelah kiri atas Windownya kamu dapat melihat "Quick Access" yang mana fitur ini berguna untuk melakukan navigasi ke tempat-tempat yang sering kamu jelajahi. Ini memudahkan bagi kamu yang sering bekerja melakukan pemindahan file-file di banyak folder berbeda. Jika kamu tidak suka dengan fitur ini kamu juga dapat menonaktifkan settingannya dari View>Options>Open File Explorer>This PC

windows explorer di Windows 10

9. Melakukan customize pada Start Menu
Start menu di Windows 10 sendiri adalah terobosan terbaru windows dalam menggabungkan seluruh fitur yang ada pada windows sebelumnya, seperti Windows 7 dan Windows 8. Kamu dapat mengubah ukuran lebar Start Menu sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Kamu juga dapat mengubah icon yang ada ataupun membuangnya sama sekali.

Windows 10 Start Menu


10. Jalan Pintas (Shortcut Key)
Shortcut di Windows 10 yang bisa kamu gunakan untuk sehari-hari: 
  • Windows Key-Tab (Task View) 
  • Windows Key-Right-Up (Moves app to top right quadrant) 
  • Windows Key-Ctrl-Left or Right (virtual desktop) 
  • Windows Key-Ctrl-D (new virtual desktop) 
  • Windows Key-Ctrl-C (Cortana listening) 
  • Windows Key-S (Daily Glance for weather, news, sports) 
  • Windows Key-Ctrl-F4 (closes virtual desktop)
Selamat mencoba!

    No comments:

    Post a Comment