Tuesday, August 23, 2016

Apa itu Nox? dan Bagaimana cara memainkan Pokemon Go dengan emulator di PC

Pokemon Go adalah Game berbasis Android/iOS yang sedang digandrungi diseluruh dunia. Aplikasi ini begitu populer, namun tahukah kamu bahwa game ini bisa dimainkan di PC?

Apa itu Nox?
Nox atau Nox App Player adalah emulator Android untuk komputer. Aplikasi ini membuat seolah-olah ada smartphone maya di komputer kamu. Sehingga kamu bisa leluasa memainkan games Android di PC.
tampilan halaman official dari Nox App Player

Bagaimana cara kerjanya?
Cukup dengan melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini :
  • Kamu pergi ke halaman aplikasi Noxnya di http://en.bignox.com/pokemongo
  • Kemudian tekan "Try out Pokemon Go for PC". Maka kamu akan secara otomatis mendownload file installer Nox sebesar kurang lebih 345 Mb
  • Setelah download selesai, cukup jalankan  dan install aplikasinya seperti biasa di PC kamu.
  • Jika ada permintaan untuk penginstalan driver cukup pilih saja Allow, atau install/yes.
  • Jalankan aplikasi Noxnya di desktop komputer kamu
  • Masukkan akun Google kamu. Bila sudah ada pilih "Existing", jika belum ada pilih "New".
Apakah perlu mendownload Aplikasi Pokemon Go didalam aplikasi Nox tersebut?
Jawab : Tidak
Aplikasi Pokemon Go sudah pre-installed didalamnya, kamu cukup hanya memainkannya saja.
Bagaimana cara kita jalan dari satu tempat ke tempat lainnya? Kan Pokemon Go itu hanya bisa dimainkan di smartphone, bagaimana di PC, apakah kita harus ikut membawa PC nya jalan-jalan?
Jawab: Tidak perlu
Di kanan atas aplikasi Nox sudah ada fitur yang disebut "Virtual Location", yang artinya Lokasi Maya. Kamu cukup mengetikkan alamat Geocode.
disebelah kanan sidebar

Bisa berupa nama kota, seperti "Jakarta" atau koordinat google maps, biasanya formatnya berbentuk "-6.174905, 106.827401".
Kemudian tekan dibagian bawah Location "Yes"
contoh virtual location

Setelah kamu menjalankan game Pokemon Go, Kamu bisa berjalan-jalan ketempat yang kamu inginkan. Wah enak dong, nggak perlu capek berjalan kesana-kemari? Tentunya cara ini cukup membantu bagi orang yang tidak punya cukup waktu untuk mencari Pokemon.

Jika kamu sudah berada di dalam Game, nantinya akan muncul seperti kompas dibagian atas, jadi cukup hanya menekan W,A,S,D saja untuk berpindah tempat. Jadinya cukup memudahkan.
cukup tekan W A S D untuk berpindah

Saya sudah menginstall dan mengikuti tutorial diatas, tapi sewaktu Pokemonnya tidak bisa ditangkap. Malahan lari melulu. Dan saya tidak bisa mengambil items di Pokestop?
Jawab: Terkena softban.
Menurut pengalaman penulis, sistem server Pokemon Go akan mendeteksi bilamana adanya perpindahan pemain dengan instan dari satu tempat ke tempat yang lain yang jauh.
Untuk mengatasi hal ini, apabila kamu ingin berpindah ke tempat yang jauh, disarankan kamu keluar dulu dari gamenya lalu lakukan perpindahan, kemudian masuk kembali ke dalam gamenya.

Apabila kamu sudah terlanjur terkena softban. Maka caranya adalah, kamu hentikan aktivitas berpindah tempat (berjalan-jalan dengan WASD masih boleh). Dan tunggu sekitar 15 menit sampai 1 jam, sampai softban benar-benar telah hilang.

Saya sudah menginstall aplikasi ini di komputer saya, namun muncul pesan "GPS signal not found"
Jawab: Kemungkinan GPS nya stuck
Coba dari aplikasi Noxnya dimatikan dahulu GPSnya lalu di hidupkan kembali.
Location On-Off di bagian kanan atas

Aplikasi Noxnya berjalan sangat lambat di komputer saya? Apakah ada sesuatu yang salah?
Jawab : Spesifikasi komputer anda kurang memadai
Kemungkinan anda memiliki spesifikasi komputer yang rendah. Penulis menyarankan agar kamu memiliki setidaknya Processor dual core dan memory komputer (RAM) setidaknya 2GB.
Untuk penggunaan RAM dari Aplikasi Noxnya dapat dilakukan secara manual dari bagian settings.
Beberapa pemain dengan Processor AMD seri A (APU Processor), seperti Processor AMD APU seri A4/A6/A8 ada yang mengalami aplikasi Nox berjalan dengan lambat. Kemungkinan Noxnya belum support dengan Grafis Processor seri tersebut.

Apakah menggunakan cara seperti ini Akun google kita akan kena banned, apakah ada resikonya?
Jawab: Penulis sampai saat ini belum mengalami hal tersebut. jadi tidak selalu, namun resiko itu tetap ada.
Sangat disarankan apabila kamu bermain dari Indonesia, tentunya kamu sebaiknya memilih lokasi di Indonesia, seperti Jakarta atau Bali. Karena server bisa mengetahui IP komputer kita sesungguhnya berasal dari negara mana.

Kemudian, apabila ingin berpindah lokasi, jangan melakukan terlalu sering dan dalam waktu yang berdekatan, kenapa? Sistem akan mendeteksi. Buatlah pergerakan sealami mungkin, seperti apabila kamu ingin berpindah dari Jakarta ke Bali, lakukanlah dalam rentang waktu sekitar 2-3 Jam. Karena pesawat tercepat dengan rute Jakarta-Bali menempuh waktu sekitar 2-3 jam.

Bagaimana menemukan pokemon rare?
Jawab: Penulis menemukan user yang berbaik hati mendata Pokemon di beberapa titik lokasi di kota Jakarta. Berikut ini adalah petanya. Apabila link dibawah tidak berfungsi berarti kemungkinan telah dihapus/pindah ke link baru.
klik untuk buka mapnya di tab baru

Selamat ber Pokemon Go ria!

No comments:

Post a Comment