Thursday, June 30, 2016

Apa itu Kartu Grafis Ganda? Apa saja tips dalam memasang Kartu Grafis Ganda

Tips kartu grafis ganda (Dual VGA Card)
Posisi kartu grafis ganda diatas Motherboard
Apa itu kartu grafis ganda?
Kartu grafis ganda (Dual VGA Card) adalah penggunaan kartu grafis secara simultan (bersamaan) antara dua vga card pada Motherboard komputer.
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa gaming dari yang semula hanya menggunakan single VGA Card menjadi dual VGA Card.



Memasang kartu grafis kedua pada Mainboard tidak semudah yang dibayangkan. Untuk membuat keduanya berjalan dengan baik dan memiliki kinerja yang pas ada hal-hal yang perlu diperhatikan :
  1. Pastikan anda mempunyai kabel konektor Crossfire/SLI nya (dapat dibeli terpisah pada toko komputer)
  2. Pastikan Mainboard anda mendukung fitur ATI Crossfire atau NVidia SLI.
  3. Anda tidak bisa memasang kartu grafis ATI dan NVdia secara bersamaan, jadi pilihlah kartu grafis yang sesuai teknologinya.
    Dual VGA Card ATI Crossfire
  4. Anda juga tidak bisa memasang kartu grafis ATI Crossfire ganda pada Mainboard yang mendukung NVidia SLI, begitu pula sebaliknya.
  5. Pastikan power supply anda memadai, yaitu mampu mensuplai arus listrik dengan baik dan stabil kepada Mainboard dan Kartu Grafis. Biasanya Power Supply dengan daya 500W dibutuhkan. (Dalam hal ini anda dapat menggunakan Power Supply yang pure power, seperti Thermaltake Armor Series atau Corsair Series atau iCute, atau Simbadda Pure Power).
  6. Juga pastikan case PC anda ruangannya memadai untuk dipasangi kartu grafis ganda, dan jangan lupa cek sistem perkabelannya agar tidak menghalangi kipas pendingin.
  7. Atur aliran udara dalam PC anda. Jangan mengarahkan semua angin kipas masuk kedalam PC. Tapi buatlah aliran udara keluar dan udara masuk pada PC.
  8. Pastikan agar anda selalu memasang chassis fan dan system fan untuk mendinginkan sistem.
  9. Cek temperatur pada masing-masing kartu grafis, apakah terlalu panas atau tidak, bila terlalu panas setting manual kipas anda dari BIOS. Untuk mengetahui temperatur PC anda dapat digunakan software CPU-Z.
    Contoh konektor SLI
  10. Bila anda ingin meng-overclock kartu grafis anda, lakukan secara bertahap, dan lakukan juga pencatatan setiap merubah settingannya. Perhatikan perubahan suhu pada kartu grafis. Dan pastikan anda memasang kipas tambahan.
Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment