Monday, May 16, 2016

Cara Flash Stockrom Lenovo A7000 Special Edition

Hallo readers, berikut adalah cara untuk mengembalikan Lenovo A7000SE kamu ke Stockrom
Lenovo A7000 Special Edition
Apa maksudnya sih stockrom itu?
Stockrom adalah kondisi sistem smartphone kamu pada saat kondisi seperti baru beli (stock firmware)
Tutorial ini adalah mengembalikan ke Stockrom seri :
A7000-a_PLUS_S141_150902_ROW

Pertama-tama sediakan dulu bahannya:
  1. Stockro
  2. Alat untuk ngeflash (SPF Flash Tool)
  3. Kabel USB data (penghubung ke PC)
Setelah bahan siap, langkahnya sbb:

1. Extract File Stockrom ke PC.

2. Aktifkan USB debugging di developer options (Opsi Pengembang), jika belum ada silahkan dimunculkan terlebih dahulu, Setting - Tentang Ponsel - Informasi Perangkat, kemudian pada "Nomor Bentukan" di tap beberapa kali. kurang lebih 5x, baru kemudian nanti developer options akan muncul di bagian Setting.


3. Install Lenovo Driver, yang ada di cd-rom smartphone


4. Selanjutnya silahkan cabut kembali smartphone nya dan matikan saja smartphonenya, karena proses flash nantinya posisi smartphone dalam keadaan mati atau nonaktif.

5. Setelah driver beres, baru kemudian buka SPF Tools dari folder AIO Upgrade Tools, klik kanan pada flash_tool.exe, pilih run as administrator.


6. Di SPF Tools, klik Scatter-loading, ada di sisi kanan tool. kemudian arahkan pemilih file ke hasil extract stockrom. Foldernya : target_bin/MT6752_Android_scatter.txt
mengambil file scatter

7. Selanjutnya pastikan "DA DL with checksum" tercentang, cara ceknya klik "Option" yang ada di kiri atas SPF Tool, option - download - download.

8. Penting ! Pilih Download Only sebelum lanjut, karena apabila jika kamu pilih "Firmware Upgrade" atau "Format All+Download" maka IMEI atau S/N akan hilang.

9. Jika sudah, klik 'Download".

10. Tunggu beberapa saat, kurang lebih 10 hingga 15 detik (untuk menghindari ketika smartphone dicolokkan malah charging), kemudian hubungkan smartphone ke PC dalam keadaan MATI .

11. Tunggu sampai selesai sampai ada notifikasi OK.

12. Hidupkan smartphone. Nantinya akan ada proses loading yang cukup lama. Biarkan saja sampai selesai. Kurang lebih 20 menit.

Tambahan : Jika langkah 11 tidak berhasil, kemungkinan kamu menggunakan Windows 7/8 64Bit atau Windows 10. Windows 8/10  memiliki proteksi penginstalan driver asing (unsignatured driver). Sehingga smartphone tidak terdeteksi USBnya. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menginstall driver secara manual.

Caranya :

  1. Matikan dulu pengaman windowsnya.
  2. Download VCOM Driver untuk Windows 7 64 Bit dan 8/10 32&64Bit
  3. Install Driver
install vcom driver



Selesai

No comments:

Post a Comment